Wealth Management…

Wealth management pada dasarnya merupakan jasa pengelolaan keuangan dan kekayaan, tidak terbatas dalam hal melakukan investasi, namun termasuk mengurus segala sesuatu yang berkaitan dengan kegiatan keuangan pribadi. Dapat dikatakan bahwa wealth management adalah bertindak sebagai manager keuangan pribadi.

Pada dasarnya wealth management merupakan jasa yang membantu kita mencapai tujuan keuangan, berikut segala hal ikhwal aktivitas keuangan yang terkait dengan itu. Apabila kita memutuskan untuk mengikuti layanan jasa wealth management dari suatu institusi, pertama-tama kita akan dibuatkan suatu perencanaan keuangan berdasarkan kuesioner yang harus diisi secara jujur. Informasi seperti berapa jumlah harta yang dimiliki, jumlah utang, penghasilan, pengeluaran, istri, anak, asuransi, profil risiko, tujuan dan keinginan secara keuangan, dan lain sebagainya harus dikemukakan apa adanya. Seperti dokter, bila pasien berbohong, akan sulit bagi dokter untuk menduga secara tepat penyakit apa yang diderita oleh pasien. Demikian juga bagi seorang perencana keuangan yang menjadi bagian dari pelayanan wealth management, akan sulit membuat perencanaan dan nasihat yang tepat agar kita dapat mencapai tujuan keuangan kita.

Dengan melihat kondisi saat ini, tujuan yang ingin dicapai dan profil risiko kita, mereka akan menyusun suatu portfolio investasi, mengelola dana, asuransi, dan lain sebagainya. Walaupun kata akhirnya tergantung dari kita, namun itulah layanan wealth management yang menyeluruh.

Jika ada suatu lembaga keuangan mengaku memberikan layanan wealth management, tapi ternyata mereka hanya menawarkan deposito berjangka, atau menawarkan produk asuransi, atau sekadar menawarkan reksadana, hal itu bukanlah wealth management yang komprehensif. Pilihlah bank atau lembaga keuangan yang benar-benar menawarkan layanan wealth management yang terpadu dan mencakup semua aspek dalam perencanaan keuangan.

Ciri utama bahwa bank atau lembaga keuangan tersebut memiliki layanan yang lengkap adalah investasi yang ditawarkan mencakup produk keuangan dan non keuangan, dengan memberikan advis terhadap jenis investasi riil seperti rumah, emas, usaha prospektif dan lain-lain. Mereka juga tidak fanatik menawarkan produk mereka sendiri, mereka terbuka terhadap kemungkinan produk dari lembaga lain yang lebih cocok dengan kondisi kita. Mereka juga memiliki riset yang kuat terhadap pola hasil dan risiko dari setiap jenis investasi.

Pada dasarnya, aspek perencanaan keuangan adalah akumulasi kekayaan (investasi), proteksi terhadap kekayaan dan distribusi kekayaan (warisan). Jika bank atau lembaga keuangan menawarkan layanan wealth management yang mencakup seluruh aspek tersebut, itu adalah salah ciri layanan wealth management yang diberikan cukup memadai.

Kiat memilih

Setelah kita memiliki pemahaman yang baik mengenai apa itu wealth management maka:

  • Sebaiknya kita mengunjungi secara langsung sebanyak mungkin bank atau lembaga keuangan yang memberikan layanan wealth management. Tanyakan mengenai seluruh layanan yang akan diberikan kepada kita. Jangan terburu-buru memutuskan untuk mengikuti layanan tersebut sebelum membandingkan dengan yang lain.
  • Perhatikan dengan baik apakah bank atau lembaga keuangan yang menawarkan wealth management menyodorkan seorang perencana keuangan yang kompeten dan berpengalaman? Mungkin saja bank atau lembaga keuangan tersebut memiliki nama besar namun jika yang ditugaskan membantu kita tidak kompeten dan memiliki pengalaman luas, kita harus berhati-hati. Cara menyelidiki apakah perencana keuangan tersebut berkualitas atau tidak adalah tanyakan sudah berapa lama berkecimpung di bidang wealth management, apa latar belakang pendidikannya, cara melayani, dan lain-lain. Bila perlu, galilah informasi dari nasabah lain yang telah menyerahkan pengelolaan kekayaannya kepada perencana keuangan tersebut. Apakah mereka sangat puas, cukup puas, atau bahkan tidak puas?
  • Jangan segan-segan menanyakan biaya pengelolaan kekayaan tersebut. Perhitungkan antara biaya dengan manfaat yang didapat. Pada dasarnya, untuk setiap jenis investasi yang direkomendasikan wealth management, mereka akan mendapatkan jasa pengelolaan/fee dan akan membebankannya kepada kita, berapa pun hasil investasinya.

Tahukah Anda di Indonesia menurut Morgan Stanley Singapura diperkirakan terdapat 3.328 keluarga yang memiliki aset 5-20 juta dolar AS dan 167 keluarga yang memiliki aset 20-100 juta dolar AS? Hampir 80% keluarga kaya tersebut tinggal di Jakarta sementara 10% berada di Surabaya. Di Bandung sendiri terdapat sekira 167 keluarga dengan aset 5-20 juta dolar AS dan delapan keluarga dengan aset 20-100 juta dolar AS. Mungkin salah satu di antaranya adalah pembaca.

Setidaknya dalam tahun-tahun ke depan, kita berharap akan semakin banyak warga Jawa Barat yang dapat mengikuti jejak para keluarga kaya tersebut. Hal ini hanya untuk menjadikan motivasi, kalau orang lain bisa mengapa kita tidak? Mustahilkah bagi kita? Menurut TDM Waringin, menjadi orang kaya tidak ditentukan oleh seberapa besar jumlah penghasilan namun oleh seberapa besar uang yang dapat kita sisihkan untuk ditabung dan disisihkan untuk investasi. Jadi mengapa harus pesimis? Berpikir positif dan bersikap optimis adalah salah satu kunci mengatasi permasalahan kita saat ini. Perencanaan yang baik, termasuk dengan cara mengikuti wealth management adalah salah satu cara mengantisipasi masa depan sehingga kehidupan kita di masa datang akan lebih baik. Uang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya tanpa uang akan membuat kita kerepotan dalam menjalani kehidupan ini.***

Dikutip dari Pikiran Rakyat.

About these ads

One Response

  1. Nice Site layout for your blog. I am looking forward to reading more from you.

    Tom Humes

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: